ZMedia Purwodadi

Sumsel Bersiap Pecahkan Rekor MURI Gerakan Minum Kopi Serentak

Daftar Isi
pj-gubernur-sumsel-agus-fatoni

Palembang, LubaiAktual.com - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berencana memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) untuk minum kopi serentak terbanyak di pinggir Sungai Musi, Palembang.

Hal ini diungkapkan oleh Pj. Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, saat menerima audiensi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumsel, Affandi Udji, di Kantor Gubernur Sumsel.

Agus Fatoni menjelaskan bahwa Gerakan Minum Kopi Serentak Terbanyak di Pinggir Sungai Musi ini merupakan tindak lanjut dari peluncuran Kopi Sumsel pada Mei 2024. “Program ini adalah wujud nyata komitmen Pemprov Sumsel agar Kopi Sumsel mendunia,” ujarnya.

Menurutnya, dukungan dari berbagai pihak, termasuk KADIN Sumsel dan sponsor seperti ANTV, sangat membantu merealisasikan ide ini. “Sebagai pemimpin daerah dan atas nama masyarakat Provinsi Sumsel, saya berterima kasih atas dukungan KADIN Sumsel dalam merealisasikan ide ini,” tambah Fatoni.

Ia juga menyoroti bahwa Sumsel dikenal dengan berbagai Gerakan Serentak yang menjadi pelopor bagi daerah lain di Indonesia. Dengan lahan kopi terluas di Indonesia, Sumsel menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbesar di tanah air.

“Kopi jadi komoditi andalan kita dan ini akan terus dikembangkan. Nanti kopi apapun harus dibuat merek Kopi Sumsel dengan berbagai jenisnya,” jelas Fatoni.

Ia berharap melalui Gerakan Minum Kopi Serentak ini, kopi Sumsel akan semakin dikenal di dunia internasional dan memberikan semangat baru bagi para petani kopi. “Melalui Gerakan Minum Kopi Serentak Terbanyak di Pinggir Sungai, kita berharap akan membuat kopi Sumsel lebih mendunia dan menambah semangat baru bagi petani kopi,” lanjutnya.

Ketua KADIN Sumsel, Affandi Udji, mengungkapkan bahwa gerakan ini akan berlangsung di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, dengan melibatkan 10.000 peserta di lokasi tersebut dan 17 kabupaten/kota lainnya yang secara keseluruhan berjumlah 27.000 peserta.

“Kegiatan ini akan berlangsung pada 14 Juli 2024 mendatang, untuk Kota Palembang dipusatkan di BKB mulai pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB,” kata Affandi Udji. “Selain itu, kegiatan ini juga akan diikuti oleh 17 kabupaten/kota lainnya. Untuk malam harinya, akan diisi dengan hiburan dari 15 artis ibukota dan akan ditayangkan secara langsung di ANTV,” tutup Fatoni.

Gerakan Minum Kopi Serentak Terbanyak di Pinggir Sungai Musi ini bukan hanya sekadar acara, tetapi juga langkah strategis untuk mempromosikan Kopi Sumsel ke kancah internasional dan mendukung para petani kopi di Sumsel. (Arifin)