ZMedia Purwodadi

Prabowo Subianto: Indonesia Siap Kirim Pasukan Perdamaian ke Gaza dan Rawat Warga Palestina

Daftar Isi
MENHAN-PRABOWO-SUBIANTO

Jakarta, LubaiAktual.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memegang peran penting sebagai pembicara utama dalam forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024. Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan pandangan mendalamnya mengenai isu-isu strategis keamanan global yang sedang menjadi perhatian dunia.

Dengan tegas, Prabowo menekankan bahwa Indonesia mendasarkan keterlibatannya dalam urusan internasional pada upaya untuk mencapai perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kesejahteraan. "Hanya melalui dialog dan kerja sama yang erat, kita dapat meraih tujuan tersebut," ujar Prabowo di Hotel Shangri-La, Singapura, Sabtu (1/6/2024).

Kolaborasi, menurut Prabowo, merupakan fondasi utama untuk mencapai kesejahteraan dan harmoni di dunia saat ini. Indonesia bertekad untuk memperdalam dialog inklusif dan kerja sama konkret, serta memegang teguh prinsip-prinsip hukum internasional, khususnya dalam menghormati kedaulatan nasional semua negara dan integritas teritorial, sebagaimana diamanatkan dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada saat yang sama, Prabowo juga menggarisbawahi pentingnya dialog diplomatik dan solidaritas global dalam menanggapi konflik, terutama di Ukraina dan Palestina. "Kami menyambut setiap upaya yang berusaha mencapai penyelesaian damai untuk konflik-konflik ini," tambahnya.

"Saya ingin menyoroti peristiwa tragis terbaru di Rafah yang telah menyebabkan banyak korban jiwa yang tidak bersalah, termasuk anak-anak, perempuan, dan warga sipil tak bersenjata. Insiden yang memilukan ini mendorong kita untuk segera menyerukan investigasi menyeluruh terhadap bencana kemanusiaan ini. Memahami sepenuhnya tragedi ini sangat penting untuk mencegah kejadian serupa di masa depan," tegas Prabowo.

Pada bagian lain, dia menegaskan bahwa Indonesia meyakini bahwa solusi dua negara merupakan jalan satu-satunya untuk perdamaian yang berkelanjutan bagi Israel dan Palestina. Dalam konteks ini, Prabowo menyatakan kesiapannya untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza dan, jika diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengirimkan pasukan penjaga perdamaian serta tenaga medis.

"Kami bersedia melakukan apa pun yang diperlukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan sebagaimana diperlukan dan ketika diminta oleh PBB kami siap untuk menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian yang signifikan untuk mempertahankan dan memantau upaya gencatan senjata ini serta memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua orang," kata Prabowo.

"Kami juga siap segera mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza dengan persetujuan semua pihak. Indonesia juga sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga Palestina yang terluka dan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit Indonesia. Kami bersedia mengevakuasi hingga 1.000 pasien dalam waktu dekat jika situasi memungkinkan," lanjut Prabowo. (FR)