ZMedia Purwodadi

Pilkada Serentak 2024: Momen Penting Demokrasi Indonesia

Daftar Isi

 

pilkada seretak

Jakarta, LubaiAktual.com - Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pemilihan ini akan diikuti oleh 37 provinsi untuk pemilihan gubernur, 93 kota untuk pemilihan walikota, dan 415 kabupaten untuk pemilihan bupati.

Rifa Khairunnisa, pemerhati kebijakan publik dan mahasiswa Magister Kebijakan Publik dan Governansi Universitas Indonesia (UI), menekankan bahwa tujuan utama Pilkada adalah memastikan partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin lokal yang dapat mewakili dan mengelola kepentingan daerah.

"Pilkada memberikan kesempatan kepada rakyat untuk menilai kinerja pemimpin lokal dan memilih mereka yang dianggap mampu membawa perubahan positif. Ini adalah sarana untuk memilih pemimpin yang berkompeten dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat," jelas Rifa.

Rifa juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan bijak dan menjaga perdamaian selama Pilkada. "Masyarakat perlu menghormati pilihan politik orang lain dan mencegah perpecahan dengan tidak menyebarkan hoaks. Klarifikasi informasi yang diterima sebelum membagikannya sangat penting," ujarnya, Senin (10/6).

Selain peran aktif masyarakat, peran pemerintah dalam menyukseskan Pilkada Serentak juga sangat penting. Pemerintah diharapkan dapat menjaga stabilitas keamanan melalui kerjasama antara Polri, TNI, dan unsur lainnya.

Dengan kerjasama semua pihak, diharapkan Pilkada Serentak 2024 akan berlangsung dengan aman, lancar, dan damai, sehingga dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang kompeten dan berintegritas untuk memajukan daerah masing-masing. (FR)