ZMedia Purwodadi

PD Muhammadiyah OKU Serahkan 500 Paket Sembako ke PCM Kedaton Yang Terdampak Banjir

Daftar Isi

Kedaton (OKU), LubaiAktual.com - Sebanyak 500 paket sembako diberikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ke warga Muhammadiyah yang ada di Cabang Kedaton, Desa Kedaton, Kecamatan Peninjauan Raya (KPR), Rabu (15/05/2024).

Paket sembako ini diserahkan langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Prof DR.Ir. H. Gribaldi, M.Si., secara simbolis dan diterima oleh Kepala Desa Kedaton Muhammad Endang yang didamping pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kedaton Desa Kedaton Kecamatan KPR, selain pemberian sembako juga dilakukan berobat gratis.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Prof. DR. Ir. H. Gribaldi, M.Si., mengatakan "Sebelumnya kita telah memberikan bantuan sembako sebanyak 200 paket terhadap warga kita yang terkena banjir yakni 150 paket di ranting Dusun Baturaja, 50 ranting Sekar Jaya. Sekarang 500 paket untuk Pimpinan Cabang Kedaton Desa Kedaton, Kecamatan Peninjauan Raya," jelas Gribaldi.

"Ini merupakan rasa cinta kami terhadap warga Muhammadiyah, kami memberikan ini merupakan rasa kepedulian kita sesama warga Muhammadiyah, jangan dipandang atau dinilai dari segi barang yang kami berikan. Ini merupakan bentuk solidaritas kita selaku warga Muhammadiyah untuk saling membantu apa bila ada warga kita yang terkena musibah,” terangnya.

Gribaldi berharap apa yang sudah berikan ini bisa bermanfaat bagi warga yang terdampak banjir, dan dapat membantu meringankan beban warga Muhammadiyah yang ada di cabang kedaton.

Sementara itu, Kepala Desa Kedaton, Muhammad Endang menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh PDM OKU.

"Saya atas nama masyarakat dan warga Muhammadiyah Kedaton mengucapkan terima kasih atas bantu yang telah diberikan oleh PDM OKU," tutur Endang.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan seperti ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena banjir. Dari 3.800 jiwa yang terdiri atas 1.200 kepala keluarga, jumlah yang terdampak banjir sebanyak 1.050 kepala keluarga (KK).

Sejak terjadinya banjir, selama satu minggu warga Kedaton tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari, baik itu sebagai petani maupun yang bekerja di kantor, karena genangan air belum surut. Ditambah lagi mereka harus membersihkan rumah dan perabot yang terkena banjir.

"Warga kita yang berprofesi sebagai petani secara otomatis tidak bisa menghasilkan uang selama satu minggu, selain tidak ada pendapatan, barang -barang mereka banyak yang rusak, terutama barang elektronik seperti Telivisi, lemari es dan yang lainnya,” imbuhnya.

Saat ini lanjut Muhammad Endang, masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasanya, karena air sudah kering. Sebagian besar warga kita adalah petani, kita berharap kejadian ini tidak akan terulang lagi.

Selain penyerahan sembako oleh PDM OKU, juga dilakukan penyerahan sejumlah buku pelajaran oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) OKU kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kedaton, buku tersebut adalah buku-buku pelajaran untuk taman kanak-kanak. (Amirul Rahmad)