ZMedia Purwodadi

Cik Ujang Soroti Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada Lahat 2024

Daftar Isi

Lahat, Lubai Aktual - Mantan Bupati Lahat, H. Cik Ujang, S.H., mengungkapkan kekhawatirannya terhadap proses rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pilkada Lahat 2024 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lahat.

Saat wawancara dengan awak media, Cik Ujang menyoroti indikasi bahwa proses rekrutmen tersebut dapat mengarah pada ketidak kondusifan Pilkada.

Ia menyebutkan adanya kecurigaan terkait pemindahan domisili sejumlah warga dari Kabupaten Empat Lawang ke Lahat, yang diduga dilakukan dengan bantuan langsung dari pihak terkait di kabupaten tetangga tersebut.

"Terdapat laporan bahwa 32 orang yang baru saja mengurus pemindahan domisili ini diduga akan diangkat sebagai Ketua PPK Pilkada Lahat," ungkap H. Cik Ujang pada Jumat, 26 April 2024.

Menyikapi hal tersebut, H. Cik Ujang menegaskan pentingnya partisipasi putra-putri terbaik Lahat dalam proses pemilihan anggota PPK Pilkada Lahat.

Ia menekankan bahwa kehadiran anggota PPK yang benar-benar berasal dari Lahat akan lebih memastikan integritas dan representativitas dalam penyelenggaraan Pilkada Lahat.

"Kami mengajak semua pihak untuk memastikan bahwa Pilkada Lahat dapat berlangsung dengan jujur, adil, dan sesuai dengan harapan masyarakat," tegas H. Cik Ujang. (Red)