ZMedia Purwodadi

Aliansi OKP Bersatu Peduli Rakyat Akan “Geruduk” Pemda Lahat pada Selasa, 16 Mei 2023

Daftar Isi

Lahat, LubaiAktual.com – Pada hari Senin (15/5/2023), Aliansi Organisasi Kemasyarakatan (OKP) Bersatu Peduli Rakyat mengunjungi Kantor Kepolisian Resort (Polres) Lahat.

Mereka menyampaikan rencana aksi penyampaian “Raport Merah” kepada Bupati Lahat yang akan dilaksanakan di Lapangan Pemerintah Daerah (Pemda), Selasa (15/5/2023).

Setidaknya lima pimpinan OKP hadir secara langsung dalam pertemuan dengan Kapolres Lahat yang diwakili oleh Kasat Intelkam AKP Mulyono, S.H., M.Si., dan Kabag Ops Kompol Aan Sumardi.

Aan Sumardi meminta maaf atas ketidakhadiran Kapolres yang sedang sakit, namun ia menyampaikan pesan dari Kapolres kepada para peserta auidensi.

“Kami yakin teman-teman adalah orang-orang terpelajar dan cerdas, tolong jaga kekondusifan, ketertiban, menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain. Yang terpenting, taati hukum dan peraturan yang berlaku, hindari tindakan anarkis dan merusak fasilitas umum,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam menyatakan bahwa mereka agak bingung dengan informasi yang diterima. Akan tetapi beliau memastikan bahwa pihaknya akan memperhatikan semua keadaan ini dan berusaha untuk selalu berkoordinasi dengan semua pihak terkait.

Kasat Intel juga memberikan pesan, “Tolong jaga kegiatan besok agar tetap damai. Kami yakin bahwa teman-teman semua memiliki kecerdasan untuk menjaga keadaan kondusif. Jadi, untuk kegiatan besok, silakan dilaksanakan. Namun kami berpesan agar tetap menjaga ketertiban agar situasi tetap kondusif dan aspirasi teman-teman dapat disampaikan dengan baik.” tutur Mulyono.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) A. Ferli menyampaikan bahwa kegiatan yang akan dilakukan besok bertujuan untuk menyampaikan aspirasi dan kekecewaan masyarakat Kabupaten Lahat terhadap hasil kinerja Bupati Cik Ujang yang masih banyak janji yang belum terealisasi.

Aliansi OKP Bersatu Peduli Rakyat memberikan jaminan bahwa aksi yang akan dilaksanakan besok akan berjalan dengan damai dan kondusif. Mereka menegaskan bahwa kegiatan ini murni berasal dari masyarakat Kabupaten Lahat dan tidak ada motif politik di dalamnya.

Perwakilan Pemuda Muhammadiyah Lahat juga menyampaikan bahwa aliansi yang akan digelar oleh OKP telah dikaji selama tiga bulan sebelumnya. Mereka berkesimpulan bahwa aksi ini bertujuan untuk menyatukan visi dan sebagai bentuk kontrol sosial. Aliansi ini mewakili suara rakyat dalam menyampaikan aspirasi dengan cara yang santun. Mereka datang ke Polres dengan niatan untuk menyampaikan kegiatan besok sekaligus meminta perlindungan keamanan dari pihak Polres. (Redaksi)