ZMedia Purwodadi

Musrenbang Kecamatan Lubai Ulu 2024: Memperkuat Ekonomi Untuk Pembangunan Yang Berkelanjutan

Daftar Isi

Lubai Ulu (Muara Enim), Lubai Aktual – Camat Lubai Ulu, Wien Wierma, S.STP., M.Si., memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di aula kantor Camat Lubai Ulu, Rabu (21/2/2024).

Musrenbang bertujuan untuk merumuskan dan menyetujui usulan program dan kegiatan prioritas demi mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Sekretaris Camat (Sekcam) Lubai Ulu, Rudy Harianto, S.T., M.M., menyampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan kelanjutan dari Musrenbang Desa yang telah dilaksanakan pada November 2023.

“Musrenbang ini menunjukkan komitmen kami untuk merencanakan pembangunan secara menyeluruh. Kami berharap usulan program dan kegiatan yang dibahas dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tutur Rudy.


Ketua Komisi IV DPRD Muara Enim, Jonidi, S.H., menyoroti pentingnya Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) sebagai faktor dominan dalam merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Semuanya harus komunikatif dengan OPD agar rencana kerja terealisasi dengan baik. Setelah acara ini saya minta BAPEDA, PUPR, dan BPD langsung meninjau jalan penghubung antara Desa Sumber Asri menuju Sumber Mulya yang putus. Mohon di prioritaskan, itu urgent,” tegas Jonidi.

Dalam sambutannya, Panca Surya Diharta, S.H., yang mewakili Penjabat (PJ) Bupati Muara Enim, memberikan informasi terkait alokasi APBD induk yang akan dikucurkan untuk Kecamatan Lubai Ulu.

Didalam acara, peserta Musrenbang menyampaikan berbagai usulan yang mencakup sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lingkungan. Usulan melibatkan Puskesmas Sumber Mulya, Pemdes Karang Sari, sekolah-sekolah, RSUD Pratama, Pondok Pesantren, TP PKK, dan Kepsek SMAN 1.

Pimpinan rapat dan seluruh Perangkat Daerah memberikan tanggapan terhadap usulan-usulan tersebut. Diantaranya termasuk pembuatan proposal hibah oleh pihak Ponpes, dan penginputan usulan SD dan SMP Negeri ke E-Sarpras.


Musrenbang RKPD Kecamatan Lubai Ulu berlangsung dengan tertib dan demokratis. Bahkan di sela-sela acara, Candaan dari Camat Lubai Ulu menciptakan suasana semakin santai dan menambah keseruan acara.

Acara dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Camat dan Sekcam, Kades dan Perangkat Desa, BPD, TP PKK, Kepala Sekolah dan Pimpinan Ponpes, Direktur RSUD Pratama, Tenaga Kesehatan (Nakes), UPTD dan UPTB, P3MD, Danramil dan Kapolsek Rambang Lubai, serta perwakilan perusahaan di Kecamatan Lubai Ulu.

Turut hadir Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Muara Enim, DLH, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Disdikbud, dan sejumlah instansi terkait untuk mendukung kelancaran implementasi usulan dari Musrenbang RKPD Kecamatan Lubai Ulu 2024. (Redaksi)