ZMedia Purwodadi

Kepala UPTD Puskesmas Sumber Mulya Usulkan Peningkatan Fasilitas di Musrenbang Kecamatan

Daftar Isi

Lubai Ulu (Muara Enim), Lubai Aktual – Saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan yang digelar di aula kantor camat Lubai Ulu, Rabu (21/02/2024), Kepala UPTD Puskesmas Sumber Mulya, Sugianto, S.K.M., M.K.M., mengusulkan penambahan gedung utama Puskesmas.

Menurutnya, permintaan ini didasarkan pada data kunjungan rawat jalan yang sangat tinggi sepanjang tahun 2023 di Puskesmas Sumber Mulya sebagai rujukan tingkat pertama.

“Penambahan gedung utama sangat diperlukan agar pelayanan kepada masyarakat semakin optimal. Di Puskesmas Sumber Mulya, data kunjungan rawat jalan sepanjang tahun 2023 mencapai angka 10.000, ini menunjukkan pentingnya akan peningkatan kapasitas,” ungkap Sugianto.

Selain gedung utama, Sugianto juga mengajukan agar sarana dan prasarana lainnya untuk Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pondok Bersalin Desa (Polindes) menjadi prioritas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat.

Usulan Sugianto mendapatkan perhatian khusus dalam Musrenbang Kecamatan Lubai Ulu 2024. Ia meyakinkan bahwa peningkatan fasilitas kesehatan di tingkat desa dapat berkontribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Melalui usulannya, Sugianto ingin memastikan bahwa Puskesmas yang dipimpinnya dapat terus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan menyeluruh. Dengan memprioritaskan kebutuhan tersebut, diharapkan tingkat kesehatan masyarakat dapat lebih optimal.

Usulan dari Kepala UPTD Puskesmas Sumber Mulya ini akan menjadi bagian dari proses Musrenbang yang berkelanjutan. Setelah mendapatkan dukungan, langkah selanjutnya adalah melakukan tindak lanjut dan evaluasi terhadap implementasi peningkatan fasilitas kesehatan di Lubai Ulu.

Peningkatan fasilitas kesehatan di tingkat desa menjadi salah satu langkah strategis dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Para pemangku kepentingan dituntut untuk berkolaborasi demi tercapainya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur kesehatan. (Redaksi)