ZMedia Purwodadi

Miris, Jalan Penghubung Desa Bandar Agung – Tanjung Manggus Nyaris Lenyap Ditelan Bumi

Daftar Isi

Ogan Komering Ulu, Lubai Aktual – Kesenjangan infrastruktur terasa begitu nyata di Desa Bandar Agung dan Tanjung Manggus, Kecamatan Lubuk Batang, Ogan Komering Ulu.

Rasa kecewa dan kesedihan terpancar dari wajah masyarakat saat awak media meminta informasi tentang kondisi jalan penghubung kedua desa, Minggu (12/11/2023).

Selama lebih dari sepuluh tahun, jalan penghubung antar kedua desa ini terbengkalai tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah Kabupaten maupun Provinsi.

Akses jalan ini bukan hanya sarana transportasi bagi masyarakat desa tetapi juga menjadi jalur krusial bagi para petani menuju kebun mereka.

Seorang warga berinisial EH mengungkapkan kekecewaannya, “Sudah 10 tahun lebih jalan ini tidak pernah diperbaiki, padahal dulunya sudah pernah di aspal.”


EH menambahkan bahwa jalan tersebut pernah di aspal, tetapi karena absennya pemeliharaan, kini jalan itu hancur dan hampir lenyap ditelan bumi.

“Jalan ini sudah ada sejak lama dan pernah di aspal. Tapi karena tidak pernah diperhatikan jadi seperti ini. Sepertinya harapan masyarakat untuk menikmati jalan bagus hanya sebatas impian,” tambahnya.

Menyikapi permasalahan ini, ketua DPD LSM WGAB Sumsel, D. Erwin Susanto, menyampaikan komitmennya untuk segera berkoordinasi dengan Pemdes, Kecamatan, dan Dinas terkait.

“Sangat miris, disaat pemerintah fokus meningkatkan infrastruktur, masyarakat Bandar Agung dan Tanjung Manggus justru masih berkubang di jalan berlumpur,” tegas Erwin. (Redaksi)