ZMedia Purwodadi

TP PKK Pagar Dewa Juara Lomba Cipta Menu Tumpeng Non Beras Tingkat Kecamatan

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Tim Penggerak PKK (TP PKK) Desa Pagar Dewa berhasil meraih prestasi membanggakan dengan menjadi juara 1 dalam lomba cipta menu tumpeng non beras. Pengumunan dan penyerahan hadiah digelar di aula Kantor Camat Lubai Ulu, Kamis (05/10/2023).

Dalam lomba yang telah digelar sebelumnya, ibu-ibu PKK Pagar Dewa dibawah kepemimpinan Yusnita, menciptakan sebuah menu ‘Tumpeng Sawut’ yang benar-benar unik.

Mereka menggunakan ubi kayu sebagai bahan dasar utama, menghasilkan tumpeng yang lezat dengan biaya yang terjangkau, yakni hanya sebesar Rp.150.000,-.


Tumpeng tersebut diberi sentuhan istimewa dengan hidangan-hidangan seperti urap, tahu, tempe, sambal tempe, tumis gori (nangka muda – red), telur rebus, ayam bakar, dan berbagai hiasan lainnya.

Ketua TP PKK Desa Pagar Dewa, Yusnita, menyampaikan kebahagiaannya atas prestasi ini. Ia menekankan bahwa partisipasi mereka merupakan bentuk kontribusi yang luar biasa dalam menyambut dan merayakan HUT RI ke-78.

“Dengan kerja tim yang solid, kami berhasil meraih juara 1 dalam lomba ini. Kami berharap, dengan keberhasilan ini, TP PKK Desa Pagar Dewa dapat lebih aktif dalam mensosialisasikan menu-menu sehat dan tetap melestarikan tradisi membuat tumpeng,” ungkap Yusnita dengan bangga.

Lomba cipta menu tumpeng non beras ini diikuti oleh seluruh TP PKK dari 11 Desa di Kecamatan Lubai Ulu. Para juri memiliki tugas penting dalam menentukan pemenang adalah Ketua TP PKK Kecamatan Lubai Ulu, panitia HUT RI ke-78, dan ahli gizi dari UPTD Puskesmas Sumber Mulya.

Tujuan utama dari lomba ini adalah untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta mendorong perubahan kebiasaan dan perilaku masyarakat menuju yang lebih sehat. Setelah lomba selesai, diharapkan TP PKK Desa dapat menyebarkan pesan tentang menu-menu sehat kepada masyarakat.


Hasil lomba cipta menu Tumpeng non beras tingkat Kecamatan Lubai Ulu dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 tahun 2023 adalah sebagai berikut:

Juara 1: TP PKK Desa Pagar Dewa
Juara 2: TP PKK Desa Sumber Mulya
Juara 3: TP PKK Desa Karang Agung

Prestasi luar biasa ini adalah bukti nyata bahwa semangat, kreativitas, dan kerja tim dapat menghasilkan menu-menu yang tidak hanya lezat, tetapi juga sehat. Selamat kepada TP PKK Desa Pagar Dewa atas prestasi gemilang mereka! Semoga pesan tentang pola makan sehat terus tersebar luas dan menginspirasi masyarakat. (Redaksi)