ZMedia Purwodadi

PJ Ketua TP PKK Muara Enim Apresiasi Panen Raya Hortikultura Di Desa Sumber Mulya

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – PJ Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Dr. dr. Hj. Rose Mafiana Rizali, Sp., An., melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus menghadiri acara panen raya hortikultura Kelompok Tani (Poktan) Ikhlas Tulus di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Rabu (04/10/2023).

Dalam sambutannya, Camat Lubai Ulu, Wien Wierma Putra, S.STP., M.Si., mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi kehadiran PJ Ketua TP PKK Muara Enim. Ia merasa bersyukur karena ketahanan pangan di wilayah Lubai Ulu berkembang dengan baik, hingga mendapatkan kunjungan dari PJ TP PKK Muara Enim.

“Kehadiran PJ Ketua TP PKK Muara Enim di Kecamatan Lubai Ulu sangat kami apresiasi. Ini adalah bentuk dukungan yang luar biasa terhadap pengembangan ketahanan pangan di wilayah kami. Kami berterima kasih atas kerjasama yang erat antara pemerintah desa, masyarakat, dan Pemkab. Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat kami,” ungkap Camat Lubai Ulu.


Kepala Desa (Kades) Sumber Mulya, Parlidungan Lubis, menjelaskan bahwa panen raya hortikultura ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah desa dan masyarakat. Ia juga menekankan bahwa budidaya tanaman hortikultura memiliki potensi ekonomis yang signifikan bagi petani.

“Ini adalah upaya Pemdes Sumber Mulya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan ekstrim. Budidaya tanaman hortikultura telah membuktikan dampak positifnya di Desa Sumber Mulya,” kata Lubis.

Dengan lahan lebih kurang 5.750 meter persegi, petani dapat menghasilkan berbagai jenis komoditas hortikultura seperti kangkung, bayam, caisim, terong, cabai, seledri, daun bawang, ubi, bunga rosella, dan lainnya.

Lubis menambahkan bahwa selama ini perekonomian Sumber Mulya didukung oleh sektor perkebunan dan migas. Tetapi potensi di sektor pertanian, termasuk hortikultura juga memiliki potensi yang tidak kalah besar.

“Artinya, bila kita mengelolanya dengan tepat dan bijak, potensinya tidak akan habis, dan bisa kita manfaatkan secara berkelanjutan. Hal ini berbeda dengan sektor migas yang terbatas dan tidak dapat diperbarui,” tambahnya.


PJ TP PKK Muara Enim, Dr. dr. Hj. Rose Mafiana Rizali, Sp., An., memberikan apresiasi terhadap pencapaian Pemdes Sumber Mulya dan mendorong jajaran kecamatan Lubai Ulu dan desa lainnya, untuk mendampingi petani hortikultura secara intensif dan meningkatkan metode penyuluhan pertanian kepada petani melalui demonstration plot (demplot).

Rose Mafiana menyatakan, “Kami berharap budidaya hortikultura di bumi Serasan Sekundang terus berkembang dan memberikan hasil panen yang memuaskan, sehingga dapat berkontribusi pada ketahanan pangan negara kita.”

PJ TP PKK Muara Enim juga memberikan penghargaan kepada Pemerintah Desa Sumber Mulya atas keberhasilan program-program yang telah dilaksanakan.

“Mewakili Pemkab Muara Enim, saya menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Desa Sumber Mulya dan semua pihak yang telah ikut berperan hingga program-program yang dilaksanakan dapat membuahkan hasil yang memuaskan seperti yang dapat kita lihat pada hari ini,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Lubai Ulu, Wien Wierma Putra, S.STP., M.Si., Ketua TP PKK Lubai Ulu, Nicky Permatasari, S.E., Danramil Rambang Lubai, AKP Henrinadi, S.H., M.H., Dandim 404-08/Rambang Lubai yang diwakili Babinsa, Sertu Sugandi, Pembina PKK Lubai Ulu, Raden Kusuma Wijaya.

Turut hadir Manajer PTPN VII, Agus Suroto, S.T., PIA., CFrA., Kades Karang Agung, Bayu Virmansyah, Kades Pagar Dewa, Tukino, S.Pd., Kades Lecah, Edi Herman Jaya, A.Md., Kades Karang Sari, Yubendri Antoni, S.H., Kepala KUA Lubai Ulu, segenap Perangkat Desa dan TP PKK, serta undangan lainnya. (Redaksi)