ZMedia Purwodadi

Dinas Perikanan Muara Enim Tebar Benih Ikan Lokal Di Danau Air Kemiri

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Sebanyak 12.500 benih ikan ditebar di Danau Air Kemiri (Embung Desa Pagar Dewa), Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Rabu (20/09/2023).

Benih ikan yang diserahkan kepada Pemdes Pagar Dewa adalah benih ikan Baung, Nilam, Tembakang, dan Jelawat. Langkah ini bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan serta menjadikan Muara Enim sebagai lumbung protein hewani.

Kepala Desa Pagar Dewa, Tukino, S.Pd., mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Muara Enim atas bantuan benih ikan ini. Tukino berharap Danau Air Kemiri dapat berperan sebagai sumber protein hewani yang penting bagi masyarakat setempat.

“Semoga bantuan benih ikan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kita berharap Danau Air Kemiri ini bisa menjadi lumbung protein hewani yang sama-sama kita banggakan,” ungkap Tukino.

Penyerahan benih ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten Muara Enim ini diterima langsung oleh Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa dan perwakilan masyarakat desa Pagar Dewa.

Program penyebaran benih ikan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan sumber daya perikanan dan mendukung ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Muara Enim.


Setelah penyerahan, benih ikan tersebut dilepaskan ke Danau Air Kemiri dengan harapan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Perwakilan dari Dinas Perikanan Muara Enim mengungkapkan harapannya bahwa tindakan ini mampu mendorong kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan.

Di ruang kerjanya, Sekdes Pagar Dewa, Erik Priyatno, juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan.

“Mari bersama-sama kita bangun Desa Pagar Dewa dan menjaga lingkungan. Hindari perbuatan-perbuatan yang negatif seperti nube (meracun ikan-red), menyetrum, dan hal lainnya yang beresiko memutus perkembangbiakan ikan,” pungkas Erik.