ZMedia Purwodadi

Pemdes Pagar Dewa Gelar Pelatihan Penguatan Ketahanan Pangan

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Pemerintah Desa (Pemdes) Pagar Dewa menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penguatan Ketahanan Pangan dan Hewani tingkat desa, yang berlangsung meriah di aula Embung Desa Pagar Dewa, Kamis (03/08/2023).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Tukino, S.Pd., didampingi oleh Sekretaris Desa Erik Priyatno, Perangkat Desa dan BPD. Turut hadir Camat Lubai Ulu yang diwakili oleh Sakir, S.T., Bhabinsa Serma Samsir, Bhabinkamtibmas Bripka Jamaludin, dan peserta pelatihan dari masyarakat setempat.

Fokus utama dari kegiatan ini adalah pelatihan program ketahanan pangan kelompok tani ternak sapi dan budidaya ikan kolam keramba apung yang rencananya akan diimplementasikan di embung desa Pagar Dewa.

Dalam arahannya, Kepala Desa Pagar Dewa, Tukino, S.Pd., menyampaikan pesan inspiratif agar para peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Beliau berharap pelatihan ini akan berkontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat setempat.

“Saya berharap pelatihan ini menjadi langkah awal menuju ketahanan pangan yang lebih kokoh, memberikan manfaat nyata bagi warga Desa Pagar Dewa, dan mendorong semangat kolaborasi di antara kelompok petani untuk mencapai kemajuan yang lebih baik di masa depan,” harap Tukino.


Materi pelatihan disampaikan oleh narasumber dari Dinas Peternakan dan Perikanan Muara Enim. Mereka membahas konsep dan tujuan ketahanan pangan dan hewani di desa, serta memberikan wawasan tentang analisis ketahanan pangan daerah dan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan yang mungkin muncul.

Sekretaris Desa Pagar Dewa, Erik Priyatno yang turut menghadiri acara, berharap pelatihan ini akan memberikan manfaat dan pengetahuan yang berharga bagi seluruh masyarakat yang terlibat.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, peserta dapat memahami pentingnya diversifikasi pangan dan mengimplementasikan teknik pertanian yang berkelanjutan. Selain itu, kami juga mengajak seluruh kelompok petani untuk bekerja bersama-sama dalam mencapai kemandirian pangan dan meningkatkan kualitas hidup seluruh komunitas pertanian di Pagar Dewa,” pungkas Erik.

Kegiatan pelatihan ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat desa. Mereka menyambut antusias program ini sebagai langkah maju dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan di era modern. Semoga upaya ini dapat berlanjut dan memberikan dampak yang positif bagi seluruh masyarakat di Desa Pagar Dewa. (Redaksi)