ZMedia Purwodadi

Malam HUT RI Ke-78, Pemdes Pagar Dewa Gelar Syukuran Di Embung Desa

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Salah satu tradisi masyarakat diberbagai wilayah di Indonesia pada malam 17 Agustus yaitu dengan mengadakan syukuran Kemerdekaan. Begitu pula di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, yang menggelar syukuran menyambut HUT RI ke-78.

Syukuran ini sekaligus sebagai ajang doa bersama sebagai rasa syukur atas dibangunnya embung desa Pagar Dewa (Embung Air Kemiri) di Dusun IV Pagar Dewa. Acara yang diselenggarakan pada Rabu (16/08/2023) dimulai pukul 19.00 WIB tersebut berlangsung khidmat.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting seperti Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggotanya, Kepala Dusun, RT, Panitia Peringatan HUT RI ke-78, serta perwakilan dari seluruh lembaga desa di wilayah tersebut dan masyarakat sekitar.

“Malam ini kita berkumpul sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia. Kita juga mendoakan para pahlawan yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan, dan juga untuk para pendahulu kita yang pernah menjabat di Pemdes Pagar Dewa” tutur Tukino selaku Kepala Desa Pagar Dewa.

Sementara itu, Sekretaris Desa Pagar Dewa, Erik Priyatno menambahkan bahwa malam syukuran tersebut merupakan kesempatan berharga untuk merefleksikan makna Hari Kemerdekaan RI.

“Melalui acara ini, kami ingin meneladani semangat juang para pahlawan dan berharap seluruh masyarakat terus berjuang untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Malam syukuran ini juga menjadi kesempatan emas untuk mempererat tali silaturahmi di antara seluruh warga desa,” tukas Erik.

Acara kemudian ditutup tawassul dan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Khoiri, dan dilanjutkan dengan ngopi dan makan ringan bersama para undangan yang hadir, menciptakan momen kebersamaan yang hangat dan penuh makna. (Redaksi)