ZMedia Purwodadi

Balqis, Pesilat Lubai Ulu Sumbang Perunggu Untuk Kontingen Sumsel Di Popnas XVI

Daftar Isi

Palembang, Lubai Aktual – Balqis Duratul Hikmah, pesilat muda berbakat dari Desa Pagar Dewa, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, berhasil meraih medali perunggu untuk kontingen Sumatera Selatan pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-XVI di Palembang, Kamis (31/08/2023).

Dalam babak semifinal, Balqis harus mengakui keunggulan Sukma Kholifah dari Provinsi Lampung, di kelas C Putri. Pertandingan yang digelar di arena A berakhir dengan keunggulan untuk pesilat asal Lampung tersebut.

Parlindungan Lubis, Kepala Desa Sumber Mulya, Kecamatan Lubai Ulu, yang mengadakan acara nonton bareng (nobar) di kantor desa, merasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Balqis. Meskipun hanya mendapatkan medali perunggu, Lubis memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kerja keras dan semangat juang pesilat muda tersebut.

“Sangat luar biasa ada putra daerah Lubai Ulu yang berhasil berkompetisi di ajang POPNAS, apalagi sampai ke babak semifinal. Medali perunggu ini sudah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Lubai Ulu. Dengan pengalaman yang terus bertambah, saya yakin Balqis akan meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan,” kata Lubis.

Di tepi arena pertandingan, Sandi Prayuda, Kadus I Pagar Dewa, yang turut mendampingi dan memotivasi Balqis, merasa bangga atas prestasi ini. Baginya, keberhasilan Balqis menjadi kebanggaan bagi pemerintah desa dan juga membuktikan bahwa pesilat dari Lubai Ulu mampu bersaing di level nasional.

Sementara itu, Sarijo Slamet, ayahanda Balqis menuturkan bahwa setelah Popnas ini, kakak Balqis akan mengikuti Pra PON di Solo.

“Kami berterima kasih kepada KONI Sumsel atas kesempatan ini. Juga kepada masyarakat Lubai Ulu dan semua pihak yang telah memberikan dukungan serta doa kepada putri kami,” ujarnya.

“Alhamdulillaah, kita tetap bersyukur dengan hasil yang didapat. Kami mohon doa dan dukungan semua, karena pada tanggal 7-14 September, Ghozi Ramis Dziaulhaq, kakak Balqis akan mengikuti kualifikasi Pra PON di Solo,” imbuh Sarijo.

Prestasi yang diraih oleh “Srikandi” muda ini memberikan harapan bahwa di masa depan akan muncul lebih banyak atlet berbakat yang akan mengharumkan nama daerah melalui cabang olahraga pencak silat.

Dengan semangat juang yang tinggi, pesilat muda kelahiran 9 Januari 2009 ini telah membuktikan bahwa pesilat dari daerah paling ujung di Kabupaten Muara Enim mampu berprestasi di kancah nasional. (Redaksi)