ZMedia Purwodadi

Yusuf Effendi Resmikan TK Dan PAUD Cahaya Kemuning Talang Lugur

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Yusuf Effendi, S.Sos., M.A.P., Kepala Desa Prabumenang, meresmikan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) Cahaya Kemuning di Talang Lugur, Senin (31/07/2023).

Dalam sambutannya, Yusuf menyampaikan pentingnya PAUD dan TK sebagai pondasi pendidikan karakter bagi anak-anak. Dia menekankan bahwa pondasi yang kokoh akan memberikan pijakan yang kuat bagi perkembangan anak dalam segala aspek, sedangkan pondasi yang rapuh dapat membuat pendidikan karakter runtuh.

“PAUD dan TK adalah mitra utama keluarga dalam pendidikan anak. Sebagai pendidik dan pengelola potensi bangsa, peran pentingnya adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani anak-anak, agar mereka siap untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut,” ujar Yusuf.

PAUD dan TK Cahaya Kemuning didirikan untuk membantu masyarakat sekitar, memudahkan anak-anak masuk ke sekolah pra SD yang berdekatan dengan rumah mereka, dan memberikan pelayanan pendidikan anak usia dini untuk semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, Yusuf bertekad untuk menanggung semua biaya siswa PAUD dan TK Cahaya Kemuning Talang Lugur.

“Untuk semua siswa akan diberikan pelayanan gratis. Bukan hanya biaya sekolah, tapi pakaian dan perlengkapan sekolah semuanya saya yang tanggung,” imbuhnya.


Ditempat yang sama, Kepala Sekolah, Zuhroti Rohimah, S.Pd., mengucapkan terima kasih kepada Yusuf Effendi atas penyelesaian pembangunan gedung tersebut, yang memungkinkan sekolah untuk berfungsi sebagaimana mestinya.

“Terimakasih kepada bapak Yusuf Effendi yang telah merampungkan pembangunan gedung ini. Alhamdulillaah, meskipun baru diresmikan hari ini dan pendaftaran baru akan dibuka mulai 1 Agustus 2023, jumlah calon siswa yang mendaftar sudah mencapai 15 orang,” tuturnya.

Zuhroti Rohimah menambahkan bahwa pendirian PAUD dan TK ini bertujuan membantu anak-anak agar siap belajar di sekolah dan tumbuh menjadi individu berkualitas, sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan utamanya adalah membentuk anak-anak yang memiliki kesiapan optimal dalam memasuki pendidikan dasar dan menghadapi kehidupan di masa dewasa.

PAUD dan TK Cahaya Kemuning bukan hanya sekedar gedung fisik, tetapi juga sebagai wadah yang menyemai nilai-nilai karakter dalam setiap anak. Dengan biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh Kepala Desa, Yusuf Effendi, peluang pendidikan berkualitas semakin terbuka lebar bagi semua kalangan.

Semoga dengan semangat kolaborasi dan partisipasi aktif seluruh masyarakat, pembangunan di bidang pendidikan terus berjalan dan menghasilkan generasi muda yang cerdas, berintegritas, serta mampu menghadapi tantangan masa depan dengan penuh keyakinan. (Redaksi)