ZMedia Purwodadi

Warga Desa Sumber Mulya Rayakan 1 Muharram Dengan Pagelaran Kuda Lumping

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Warga Desa Sumber Mulya, Kecamatan Lubai Ulu, Muara Enim, merayakan 1 Muharram (Suran/Suroan) dengan meriah melalui atraksi kuda lumping yang spektakuler, Kamis (20/07/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Karang Taruna, dan masyarakat setempat. Kemeriahan semakin terpancar ketika kelompok kuda lumping Mego Mendung dari RT 11 tampil memukau dengan atraksi mereka.

Acara perayaan 1 Muharram, yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Hijriyah merupakan hari penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Desa Sumber Mulya, perayaan Suran ini dirayakan dengan penuh sukacita dan kegembiraan. Seluruh warga desa berpartisipasi dalam rangkaian acara tersebut.

Kepala Desa Sumber Mulya, Parlindungan Lubis, mengatakan bahwa perayaan 1 Muharram merupakan momen penting bagi masyarakat muslim desa. Acara ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar warga desa. Ia berharap agar semangat persaudaraan dan gotong royong yang telah lama menjadi ciri khas masyarakat desanya dapat terus terjaga.

“Kami berharap perayaan ini dapat memperkuat solidaritas dan kebersamaan warga desa. Semoga semangat dalam menyambut Tahun Baru Hijriyah ini membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua,” ujar Parlindungan Lubis.

Salah satu sorotan utama dalam perayaan tersebut adalah penampilan dari kelompok kuda lumping Mego Mendung. Kelompok ini telah lama dikenal sebagai salah satu kelompok kuda lumping terbaik di wilayah Kecamatan Lubai Ulu. Atraksi mereka yang mengagumkan, dengan iringan musik khas kuda lumping, sukses memukau seluruh penonton yang hadir.



Salah satu anggota kelompok Mego Mendung, menyatakan, “Kami merasa bangga dapat berpartisipasi dalam perayaan 1 Muharram di Desa Sumber Mulya. Semoga pertunjukan kami dapat memberikan hiburan dan keceriaan bagi masyarakat desa.”

Para warga desa tampak sangat menikmati pertunjukan kuda lumping tersebut. Suasana semakin meriah ketika beberapa penonton turut serta menari bersama kuda lumping, menciptakan momen yang penuh kegembiraan dan kebersamaan.

Perangkat desa dan BPD turut menyampaikan harapannya agar tradisi perayaan 1 Muharram dan atraksi kuda lumping dapat terus dilestarikan dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya dan identitas Desa Sumber Mulya.

Perayaan 1 Muharram ini mencerminkan semangat kebersamaan dan rasa syukur atas datangnya Tahun Baru Hijriyah. Semoga acara semacam ini dapat terus menjadi wahana untuk memperkuat ikatan sosial dan memupuk kerukunan di tengah masyarakat desa.

Semangat gotong royong dan kesenian tradisional seperti kuda lumping harus terus dijaga dan dilestarikan agar tetap hidup dan berkembang, menjadi aset berharga bagi masa depan Desa Sumber Mulya. (Redaksi)