ZMedia Purwodadi

PT. PGN Tbk Stasiun Pagar Dewa Adakan Pelatihan Budidaya Lebah Madu Untuk Desa Binaan

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual - PT. Perusahaan Gas Negara Tbk, yang juga dikenal sebagai Pertamina Gas Negara (PGN) stasiun Pagar Dewa menyelenggarakan pelatihan teknik budidaya lebah madu untuk desa binaan mereka.

Pelatihan ini diselenggarakan di rumah Ade Nandang dan diberikan kepada Koperasi Tani Padetra Artomulyo di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Lubai Ulu, Muara Enim.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB (04/7/2023) ini melibatkan dua narasumber dari Dinas Kehutanan dan Kelompok Tani Sari Puspa Muara Enim, yaitu Suryadin dan Sunarno. Turut hadir Kepala Desa Pagar Dewa, CDO TJSL PT. PGN Tbk stasiun Pagar Dewa, dan beberapa anggota Koperasi Tani Padetra Artomulyo.


Dalam pelatihan ini, narasumber memberikan materi mengenai karakteristik lebah, jenis-jenis lebah yang dapat dibudidayakan, peralatan yang dibutuhkan untuk usaha budidaya lebah madu, cara mendapatkan lebah untuk budidaya dari alam, serta komposisi koloni lebah seperti lebah Ratu dan lebah Pejantan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat dapat melanjutkan pemeliharaan habitat lebah dengan menanam jenis-jenis tanaman yang menjadi sumber nektar. Pembangunan habitat lebah menjadi prioritas di tahun pertama pendampingan. Peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi dan siap mempraktekkan setiap tahap budidaya.

Ibu Indri, Community Development Officer Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (CDO TJSL), yang mewakili manajemen PT. PGN Tbk stasiun Pagar Dewa, menyampaikan harapannya bahwa pelatihan ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian ekosistem hutan.

“Semoga peserta dapat termotivasi untuk mengembangkan usaha budidaya lebah madu dan menangkap potensi peningkatan ekonomi alternatif masyarakat,” kata Indri.


Pada kesempatan tersebut, Pertamina Gas Negara stasiun Pagar Dewa juga memberikan bantuan berupa 17 paket bibit dan media sarang lebah kepada Koperasi Tani Padetra Artomulyo.

Selanjutnya, tim CDO TJSL akan memberikan pendampingan dan melakukan evaluasi pasca-pelatihan untuk memastikan program ini berkelanjutan dan memberikan manfaat sosial dan ekonomi kepada peserta. (Redaksi)