ZMedia Purwodadi

Polres Muara Enim Grebek 4 Gudang BBM Ilegal dan Oplosan

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Polres Muara Enim berhasil mengamankan empat gudang yang diduga menimbun BBM solar ilegal dan oplosan. Lokasi gudang terletak di KM 107 Jalan Servo.

Pemilik gudang tersebut adalah Rahman dan Elman. Keduanya merupakan warga desa Muara Gula, kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim. Mereka berhasil ditangkap dalam operasi tersebut.

Proses penggerebekan melibatkan personel Polres, Subden POM, dan POL PP Muara Enim. Berhasil diamankan sejumlah barang bukti berupa 15 jerigen bahan bakar jenis solar berukuran 35 liter berisi 525 liter BBM yang diduga oplosan, 1 buah drum berwana merah ukuran 210 liter, 2 buah corong, selang ukuran 2 inchi sepanjang 4 meter, 2 unit mesin pompa berwarna hijau, 1 tas sandang, dan 3 buah buku catatan.

Terkait permasalahan ini, Polres Muara Enim akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Pertamina. Tujuannya adalah tujuan untuk menggali informasi yang lebih mendalam tentang BBM jenis solar yang diduga ilegal tersebut.

“Kerja sama antara kepolisian dan Pertamina diharapkan dapat membantu mengungkap dan mengatasi peredaran BBM solar ilegal dan BBM solar oplosan. Hal ini tentu sangat merugikan negara dan masyarakat,” kata Kabag ops, Komisaris Polisi Toni Arman.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK., MH menyatakan bahawa Polres Muara Enim memiliki komitmen untuk melindungi kepentingan masyarakat serta menegakkan hukum terhadap penjualan BBM ilegal dan BBM oplosan yang jelas dapat memiliki dampak negatif seperti kerugian ekonomi negara dan lingkungan.

Penggrebekan ini berawal dari informasi yang masuk ke Bantuan Polisi Polda Sumsel mengenai maraknya penggunaan BBM jenis solar ilegal dan BBM solar oplosan oleh dump truck tronton pengakut batubara di Jalan khusus batubara PT Servo Lintas Raya (SLR).

Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol A. Rachmad W, S.I.K, menyambut baik langkah penindakan ini. Menurutnya,  langkah ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain dalam upaya memberantas peredaran BBM ilegal.”

Polres Muara Enim akan memanggil pemilik gudang guna proses lebih lanjut.  Koordinasi dengan Pertamina juga dilakukan untuk mengungkap jaringan peredaran BBM ilegal yang berada didalam wilayah hukum Muara Enim. (Redaksi)