ZMedia Purwodadi

Muara Enim Raih Penghargaan KPAI 2023 atas Komitmen Perlindungan Anak

Daftar Isi

Jakarta, Lubai Aktual – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga, memberikan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam ajang Anugerah KPAI 2023.

Kabupaten Muara Enim meraih penghargaan tersebut dalam kategori Pemerintah Daerah dengan komitmen terbaik terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak Tahun 2023.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri Bintang Puspayoga saat ditemui wartawan usai menghadiri Acara Puncak Penyerahan Anugerah KPAI 2023 di Studio Grand Metro TV, Jakarta Barat, pada Kamis (20/07/2023).

“Selamat kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim atas penghargaan ini. Semoga ini bukanlah akhir dari upaya kita, tetapi menjadi motivasi bagi Bupati dan seluruh jajaran untuk lebih memperhatikan pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Muara Enim,” ucap Menteri Bintang Puspayoga.

Tak hanya itu, Menteri juga mengajak seluruh pihak untuk bersatu dan berkolaborasi dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak, demi mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045.


Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, yang hadir secara langsung dalam acara tersebut, merasa sangat senang dan berterima kasih atas kerjasama yang baik dari seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim serta pihak-pihak terkait.

“Dengan diraihnya penghargaan ini, semakin terbukti komitmen Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu kabupaten yang peduli terhadap anak-anak. Ini merupakan prestasi kita bersama, hasil dari kerja keras bersama, oleh karena itu kita harus terus meningkatkan kualitasnya. Setidaknya, kita harus mempertahankan prestasi ini dan tidak cepat puas,” harap Plt Bupati.

Lebih lanjut, Plt Bupati yang didampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Jonidi, mengajak semua pihak untuk menyadari arti penting penghargaan ini sebagai ungkapan rasa syukur dan semangat untuk semakin kuat dalam komitmen dan kolaborasi dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak di Bumi Serasan Sekundang.

Tak lupa, Vivi Mariani dari Kadin PPPA Kabupaten Muara Enim juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh Perangkat Daerah dan pihak terkait yang telah berkolaborasi bersama dalam mewujudkan komitmen dalam memberdayakan perempuan dan melindungi hak anak di Kabupaten Muara Enim. Ia menyadari bahwa tanpa dukungan dari semua pihak, pencapaian ini tidak akan terwujud.

“Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh pihak yang terlibat dalam perlindungan anak di Indonesia untuk terus berinovasi, baik dalam kebijakan maupun program-program yang berdampak besar dalam usaha melindungi dan memenuhi hak-hak anak,” harap Vivi dengan tulus.

Anugerah KPAI 2023 merupakan bentuk apresiasi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia kepada seluruh pihak atas inisiatif, komitmen, inovasi, dan praktik baik yang terus berkembang di Indonesia, baik dari pemerintah maupun instansi vertikal, dalam upaya memperjuangkan hak-hak dan perlindungan anak di Indonesia.

Sementara itu, SIMEP merupakan Aplikasi Perlindungan Anak yang bertujuan untuk memantau dan melindungi anak-anak di seluruh Indonesia. SIMEP menjadi langkah maju yang signifikan dalam memperkuat pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan khusus bagi mereka, serta menghasilkan laporan yang berharga sebagai masukan dan usulan dalam perumusan kebijakan perlindungan anak di seluruh Indonesia.

Acara pemberian penghargaan tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta anggota Dinas PPPA Kabupaten Muara Enim. (Redaksi)