ZMedia Purwodadi

Kades Prabumenang Gelontorkan Dana Pribadi Ratusan Juta Untuk Rampungkan Pembangunan Gedung TK

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Pembangunan gedung Taman Kanak-kanak (TK) di RT 13 Dusun 2 Talang Lugur, Desa Prabumenang, Kecamatan Lubai Ulu, Muara Enim, yang sempat mengalami hambatan akhirnya selesai.

Gedung yang awalnya dibangun menggunakan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022 senilai 130 juta Rupiah tersebut kini berdiri kokoh setelah mendapat “suntikan” dana pribadi dari Kepala Desa (Kades) Prabumenang, Yusuf Effendi, S.Sos, sebesar 220 juta Rupiah.

Menurut keterangan dari Kepala Desa Prabumenang, Yusuf Effendi, beliau mengambil keputusan tersebut sebagai wujud tanggung jawab terhadap program pembangunan di desanya.

Saat dikonfirmasi oleh awak media pada Senin (10/07/2023), Yusuf Effendi membenarkan hal tersebut.

“Alhamdulillaah, pembangunan gedung TK di Lugur sudah selesai. Kita akui sebelumnya bangunan tersebut sempat terhenti karena kekurangan dana. Berhubung masa jabatan saya hampir berakhir, maka saya berinisiatif merampungkannya dengan dana pribadi.”

Yusuf Effendi juga menjelaskan alasannya menggunakan dana pribadi. Dia mengatakan bahwa dia tidak ingin “berhutang” kepada masyarakat karena masih ada bangunan yang belum selesai dikerjakan.

“Tahun ini masa jabatan saya sebagai Kepala Desa habis, jadi kita selesaikan semua program yang belum tuntas. Lagian saya tidak mencalonkan diri sebagai Kades lagi. Jadi jangan sampai ada kesan negatif setelah saya tidak menjabat. Intinya, saya harus bertanggung jawab terhadap program yang saya buat,” tambahnya.


Keputusan Yusuf Effendi ini menghebohkan warga setempat dan mengundang perhatian dari berbagai pihak.

Dengan selesainya pembangunan gedung TK di Lugur, berkat inisiatif dan tanggung jawab dari Kepala Desa Prabumenang, diharapkan bahwa program-program pembangunan di wilayah tersebut dapat berjalan dengan lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Semoga tindakan positif ini menjadi contoh inspiratif bagi pejabat negara lainnya dalam memajukan pembangunan di daerahnya. [Redaksi]