ZMedia Purwodadi

Pemdes Lecah Menyalurkan BLT-DD Tahap Kedua Tahun 2023 Untuk Meringankan Dampak Kemiskinan

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual - Pemerintah Desa Lecah, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap kedua Tahun Anggaran 2023.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah dalam membantu perekonomian masyarakat yang terdampak kemiskinan ekstrim, dengan fokus pada kaum lansia, disabilitas, dan stunting.

Sekretaris Desa Lecah, Andi Jaya, memimpin langsung acara tersebut, didampingi oleh Perangkat Desa, Pemerintah Kecamatan Lubai Ulu, Tripika, serta 42 KPM yang berhak menerima BLT tahap II periode April, Mei, dan Juni di Kantor Desa Lecah, (20/06/223).

Dalam wawancara eksklusif dengan media Lubai Aktual, Andi Jaya menjelaskan bahwa penetapan 42 KPM penerima BLT Dana Desa di Desa Lecah telah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, dengan mengacu pada peraturan Menteri Desa dan peraturan Menteri Keuangan.

“Alhamdulillah, hari ini kami telah menyalurkan BLT Dana Desa tahap kedua Tahun Anggaran 2023 untuk bulan April, Mei, dan Juni. Sebanyak 42 KPM telah menerima bantuan masing-masing sebesar Rp.900.000,” ungkap Andi.

Tak lupa, Andi juga memberikan pesan kepada Keluarga Penerima Manfaat agar menggunakan dana bantuan ini secara bijak dengan memprioritaskan pembelian bahan pokok, seperti beras, gula, minyak sayur, serta kebutuhan mendesak lainnya yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya menghimbau kepada seluruh KPM agar membelanjakan bantuan BLT Dana Desa ini untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti bahan makanan sehari-hari. Dengan begitu, diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam memperbaiki kondisi ekonomi keluarga,” tegasnya.

Penyaluran BLT Dana Desa tahap kedua ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam menghadapi tantangan kemiskinan ekstrim yang dihadapi oleh sebagian masyarakat Desa Lecah. Harapan besar terletak pada manfaat nyata yang diberikan oleh bantuan ini, yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kesenjangan sosial di tingkat desa.

Dengan adanya penyaluran BLT Dana Desa ini, diharapkan masyarakat Desa Lecah dapat merasakan bantuan langsung yang dapat meringankan beban ekonomi mereka.

Mengakhiri sesi wawancara, Andi Jaya menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat, pemerintah Kecamatan Lubai Ulu, dan semua pihak yang terlibat dalam proses penyaluran BLT Dana Desa. Andi berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan dan berkelanjutan bagi keluarga penerima, serta menjadi langkah awal untuk mengatasi kemiskinan dan mencapai kesejahteraan yang lebih baik di Desa Lecah. (Redaksi)