ZMedia Purwodadi

53 KPM di Desa Sumber Asri Terima BLT DD Tahap II

Daftar Isi

Muara Enim, Lubai Aktual – Pemerintah Desa Sumber Asri, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) kepada 53 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Sabtu (17/6/2023).

Kegiatan berlangsung di kantor desa Sumber Asri dan dipimpin langsung oleh Kepala Desa setempat. Acara tersebut dihadiri oleh perangkat desa Sumber Asri, TRIPIKA, serta seluruh KPM.

Dalam penyaluran tahap kedua BLT-DD di Sumber Asri, setiap KPM menerima bantuan sebesar Rp. 900.000 untuk tiga bulan (April, Mei, dan Juni 2023). Kepala Desa Sumber Asri, Wahyudi Harso, menjelaskan bahwa pemerintah desa masih akan melanjutkan penyaluran BLT-DD selama enam bulan ke depan, yaitu dari bulan Juli hingga Desember 2023.

Kepala Desa Sumber Asri, Wahyudi mengingatkan para KPM agar menggunakan bantuan ini dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Ia menekankan pentingnya menghindari pengeluaran yang tidak penting dan mengutamakan kebutuhan primer.

“Mengingat bantuan ini sifatnya sementara, maka diharapkan para KPM agar dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin, hindari berbelanja sesuatu yang tidak penting dan utamakan kebutuhan pokok,” pesan Kepala Desa.

Wahyudi juga menyampaikan bahwa program BLT-DD di tahun anggaran 2023 merupakan bagian dari upaya pemerintah desa dalam menanggulangi kemiskinan ekstrim.

“Program BLT-DD tahun ini kembali berlanjut dengan tujuan untuk membantu masyarakat. Kebijakan ini berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, di mana BLT-DD dianggarkan minimal 10% dan maksimal 25% dari total pagu dana desa,” tambahnya.

Masyarakat Desa Sumber Asri merespons positif program BLT-DD ini. Salah satu penerima manfaat menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah desa.

“Bantuan ini sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kami berharap program seperti ini dapat terus dilanjutkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya dengan senyum di wajahnya.

Program BLT-DD di Desa Sumber Asri merupakan contoh nyata dari upaya pemerintah desa dalam membantu perekonomian masyarakat. Selain memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, program ini juga memiliki dampak positif dalam menggerakkan perekonomian lokal.

Melalui penyaluran BLT-DD ini, diharapkan masyarakat Desa Sumber Asri dapat merasakan perbaikan kondisi ekonomi mereka secara bertahap. Dengan dukungan dari pemerintah desa dan partisipasi aktif seluruh masyarakat, diharapkan kemiskinan ekstrim dapat terus ditekan dan memberikan harapan baru bagi masa depan yang lebih baik. (Redaksi)